6 Tipe Faskes di Aplikasi SehatQ

  • Whatsapp

Sebelum berobat menuju ke fasilitas kesehatan, pasti Anda mempunyai banyak pertimbangan mengapa harus berobat ke faskes tersebut. Tentu saja harus sesuai dengan kebutuhan, mungkin karena fasilitas, kebersihan, hingga jarak dari tempat tinggal Anda saat ini.

Fasilitas kesehatan yang banyak orang ketahui adalah rumah sakit, akan tetapi fasilitas kesehatan tidak terbatas hanya rumah sakit saja. Ada banyak tipe fasilitas kesehatan yang bisa ditemukan di sekitar Anda.

Anda dapat menggunakan fitur faskes yang terdapat pada aplikasi SehatQ, untuk membantu Anda menemukan faskes sesuai dengan yang Anda butuhkan. Berikut ini adalah tipe-tipe fasilitas kesehatan yang juga bisa Anda cari melalui aplikasi kesehatan SehatQ.

1. Rumah Sakit
Menurut Permenkes nomor 340/MENKES/PER/III/2010, rumah sakit adalah Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat.

Berdasarkan pelayanannya, rumah sakit dibagi menjadi dua, Rumah Sakit Umum dan Rumah Sakit Khusus. Rumah Sakit Umum adalah Rumah Sakit yang memberikan pelayanan kesehatan pada semua bidang dan jenis penyakit, contohnya adalah RS Koja.

Sedangkan Rumah Sakit Khusus adalah Rumah Sakit yang memberikan pelayanan utama pada satu bidang atau satu jenis penyakit tertentu, berdasarkan disiplin ilmu, golongan umur, organ atau jenis penyakit. Contohnya adalah Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, rumah sakit yang menjadi Pusat Rujukan Nasional untuk penanganan penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular).

2. Klinik
Berdasarakan Permenkes No 028/MENKES/PER/I/2011, klinik adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar dan atau spesialistik, diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan dan dipimpin oleh seorang tenaga medis.

Berdasarkan jenis pelayanannya, klinik dibagi menjadi dua, yakni Klinik Pratama dan Klinik Utama. Klinik Pratama merupakan klinik yang menyelenggarakan pelayanan medik dasar. Sedangkan Klinik Utama merupakan klinik yang menyelenggarakan pelayanan medik spesialistik atau pelayanan medik dasar dan spesialistik.

3. Puskesmas
Pusat Kesehatan Masyarakat atau yang biasa disebut Puskesmas, berdasarkan Permenkes No 75 tahun 2014 memiliki perngertian sebagai fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya.

Puskesmas mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung terwujudnya kecamatan sehat.

4. Klinik Kulit & Kecantikan
Tidak hanya merawat kesehatan badan, Anda juga perlu untuk merawat kulit terutama diarea wajah. Untuk dapat ditangani seorang profesional, Anda bisa datang ke klinik kulit dan kecantikan. Klinik kecantikan merupakan sebuah klinik yang menawarkan pelayanan jasa dibidang perawatan kesehatan dan kecantikan kulit, rambut, kuku, dan lainnya. Untuk mendapatkan klinik kecantikan yang terpercaya, Anda bisa mencarinya melalui Aplikasi SehatQ.

5. Lab
Laboratorium Kesehatan adalah tempat memeriksa, menganalisa, menguraikan, mengidentifikasi material-material (baik yang berasal dari manusia dan atau lingkungan), secara kualitatif maupun kuantitatif. Laboratorium kesehatan sebagai sarana penunjang upaya pelayanan kesahatan, khususnya bagi kepentingan preventif dan curative, bahkan promotif dan rehabilitative.

6. Klinik Gigi
Menurut Depkes RI (1996), klinik gigi adalah sarana atau tempat yang dibangun untuk melakukan perawatan gigi pada seluruh masyarakat yang meliputi usaha-usaha pencegahan, pengobatan, dan pemulihan.

Itu tadi 6 tipe faskes yang bisa Anda cari melalui Aplikasi SehatQ. Melalui aplikasi SehatQ, anda juga bisa melihat fasilitas medis maupun fasilitas umum dari faskes-faskes yang akan Anda kunjungi. Yuk, cari faskes favoritmu melalui Aplikasi SehatQ

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *