April 21, 2024

Infoterpercaya.net

Informasi Terpercaya

Cuci Muka Idealnya 30 Detik hingga 60 Detik Ini Alasannya

3 min read
Jadi selama ini berapa lama Anda mencuci muka?

Seperti menyikat gigi dan menyisir rambut, mencuci muka selalu tampak seperti proses yang cukup jelas dan langsung.

Namun baru-baru pengguna TikTok mengatakan bahwa Anda harus memijat pembersih wajah ke kulit Anda setidaknya selama 60 detik untuk mendapatkan pembersihan yang benar.

Menurut dokter kulit Marisa Garchik, memang benar bahwa agar pembersih menjadi efektif, harus berada di kulit dalam jangka waktu yang cukup lama.

“Konon, umumnya rata-rata 30 hingga 60 detik sudah cukup bagi kebanyakan orang,” ujarnya.

4 Tips agar Kulit Ketiak Halus yang Disarankan Dokter Dokter kulit Laura Penzi setuju.

“Kebanyakan pembersih wajah memiliki semacam surfaktan [pada dasarnya, definisi cepat surfaktan TK] atau sabun di dalamnya yang membutuhkan waktu untuk berbusa dan menghilangkan residu dari kulit Anda dengan benar,” jelasnya.

Menurut Dr.

Garshick, ada beberapa faktor utama yang perlu dipertimbangkan, seperti jenis pembersih yang Anda gunakan dan seberapa banyak riasan serta penumpukan pada kulit Anda.

“Untuk seseorang yang memakai banyak makeup, mereka mungkin memerlukan waktu 60 detik penuh untuk menghapusnya secara menyeluruh,” jelasnya.

“Selain itu, jika Anda menggunakan pembersih obat seperti yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat untuk mengobati jerawat, Anda pasti ingin memastikan pembersih tersebut berada di kulit Anda cukup lama agar bahan aktif memiliki efek.” Jika tidak ada yang berlaku untuk Anda atau Anda wajah bebas makeup di pagi hari, Anda dapat mencuci wajah selama 30 detik.

Meskipun sepertinya ide yang bagus untukmelakukan pembersihan mendalam pada setiap pori terakhir, Dr.

Camp memperingatkan agar tidak membersihkan lebih dari 60 detik, karena dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi.

Berikut ini empat tips mencuci muka yang dapat dicoba.

5 Cara Menangkal Dampak Polusi Udara pada Kulit Menurut Ahli Hindari air panas, karena dapat melebarkan pembuluh darah secara kronis dari waktu ke waktu, menyebabkan kemerahan pada wajah dan memperburuk kondisi seperti rosacea.

Air panas juga menghilangkan minyak alami kulit dan membuat Anda kering, membuat Anda lebih rentan terhadap iritasi.

Itu berarti menggunakan pembersih yang menghidrasi untuk kulit kering, pembersih berbusa untuk kulit berminyak atau pembersih dengan bahan aktif seperti asam salisilat untuk penyumbatan pori dan kulit berjerawat.

Scrubbing dapat menyebabkan gangguan atau cedera pada penghalang kulit, yang dapat membuat kulit rentan terhadap kekeringan dan iritasi.

Dr.

Penzi merekomendasikan penggunaan ujung jari yang bersih untuk menyelesaikan pekerjaan di atas waslap, spons, atau sikat, yang seringkali “terlalu abrasif” dan dapat merusak penghalang kulit seiring waktu.

Selain itu, benda-benda ini rentan terhadap penumpukan bakteri dari waktu ke waktu.

jika tidak dicuci dan dikeringkan dengan benar.

Ini mungkin tampak jelas, tetapi pastikan untuk menggunakan handuk bersih untuk mengeringkan kulit Anda setelah dibersihkan.

Hal terakhir yang ingin Anda lakukan setelah membersihkan kulit adalah memasukkan kembali bakteri atau kotoran ke wajah Anda.

Tindakan pembersihan saja, bahkan dengan pembersih yang lembut, bisa membuat kulit kering, jadi selalu penting untuk mengikuti dengan pelembap untuk membantu mengunci kelembapan dan mencegah kulit terasa kering.

Jika saat ini Anda menggunakan retinoid resep atau produk retinol yang dijual bebas, tunggu hingga kulit Anda benar-benar kering (Dr.

Camp merekomendasikan sepuluh menit) sebelum mengaplikasikannya.

“Ini dapat membantu mengurangi efek samping yang berpotensi mengiritasi karena produk mungkin tidak menembus kulit sedalam jika masih lembab,” jelasnya.

PUREWOW Pilihan Editor: Mitos tentang Jerawat yang Banyak Dialami Remaja, Obat Pasta Gigi hingga Sering Cuci Muka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.