- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
Lain-LainKumpulan Resep Camilan Simple dari Ubi

Kumpulan Resep Camilan Simple dari Ubi

Siapa yang tak suka menyantap ubi? Salah satu jenis umbi-umbian ini banyak disukai masyarakat Indonesia dan biasa diolah menjadi berbagai makanan seperti keripik ubi. Selain diolah menjadi camilan seperti keripik ternyata ubi juga bisa dijadikan camilan dalam bentuk lainnya.

Kalau kamu bosan mengkonsumsi ubi dengan cara direbus atau digoreng saja, kamu bisa coba praktekkan kumpulan resep camilan simpel dari ubi berikut ini.

Klepon Ubi

Bahan-bahan
200 gram ubi kuning
100 gram tepung tapioka
1/3 butir kelapa
1/4 sendok teh garam
Gula merah secukupnya

Cara membuat
Parut kelapa kemudian Kukus dengan garam selama kurang lebih 15 menit. Setelah matang keluarkan dari kukusan kemudian aduk hingga rata. Haluskan atau parut gula merah kemudian bentuk bulatan. Diamkan dalam lemari es minimal 1 jam.

Campur tepung tapioka dan ubi kukus yang sudah dihaluskan dalam sebuah wadah kemudian aduk hingga kalis. Bentuk bulatan kecil-kecil .Ambil bulatan kemudian isi dengan gula merah yang tadi didiamkan di dalam kulkas. Ulangi sampai adonan habis.

Didihkan air kemudian masukkan bola-bola ubi tadi dan rebus hingga matang atau mengembang. Setelah matang balurkan klepon ubi pada kelapa parut. Klepon ubi sudah siap disajikan.

Bola-bola Ubi

Bahan-bahan
1/2 kg ubi jalar ungu
5 sdm tepung terigu
2 sdm tepung maizena
3 sdm gula pasir, atau sesuai selera
Bahan pelapis
2 sdm tepung terigu
Tepung panir secukupnya
Air secukupnya
Secukupnya tepung panir
Coklat batang atau meses secukupnya

Cara membuat
Potong-potong ubi lalu kukus hingga empuk. Angkat. Setelah empuk haluskan kubik kemudian tambahkan tepung terigu, tepung maizena dan gula pasir kemudian aduk hingga rata.

Ambil satu sendok makan adonan ubi kemudian bulatkan dan pipihkan lalu beri isian coklat. Bulatkan adonan ragi dan celupkan dalam larutan pelapis.

Balurkan tepung panir pada bola-bola ubi. Goreng dengan api sedang hingga berwarna kecoklatan. Bola ubi siap disajikan.

Bubur Candil Ubi

Bahan-bahan
1 kg ubi jalar
250 gram tepung tapioka
10 sdm gula pasir
250 gram gula merah
1/2 sdt garam
1 liter santan
250 ml gelas air

Cara membuat
Cuci bersih ubi, potong-potong kemudian kukus hingga empuk. Haluskan Oh iya sudah empuk kemudian campur dengan tepung tapioka sedikit demi sedikit kemudian bentuk adonan bulat-bulat kecil.

Rebus air bersama gula merah dan gula pasir hingga mendidih, tambahkan juga daun pandan. Setelah mendidih masukkan bola-bola ubi yang sudah dibentuk sebelumnya.

Larutkan tepung tapioka di dalam air. Jika bola-bola Ubi sudah mengapung, masukkan larutan tapioka yang sudah dicairkan sedikit demi sedikit. Aduk hingga mengental. Bubur candil sudah siap disajikan.

Donat Ubi

Bahan-bahan
200 gram ubi ungu
300 gram terigu
4 sdm susu kental manis putih
5 gr fermipan
5 sdm gula pasir
50 gram mentega
1 telur
100 ml air hangat

Cara membuat
Kupas ubi potong-potong dan kukus hingga empuk kemudian haluskan. Campur susu dan Fermipan dengan air hangat kemudian diamkan selama kurang lebih 3 menit. Campur ubi ungu yang sudah dihaluskan dengan terigu, telur, gula pasir, mentega serta larutan Fermipan sebelumnya. Uleni hingga kalis.

Setelah kalis letakkan adonan dalam wadah yang sudah diolesi dengan minyak goreng kemudian biarkan selama 30 menit. Tutup dengan kain basah. Setelah adonan mengembang kempeskan adonan lalu biarkan lagi selama 5 menit. Ambil adonan dan bentuk bulat sesuai ukuran yang diinginkan.

Diamkan kembali adonan yang sudah dibentuk bulat selama kurang lebih 20 menit. Setelah 20 menit adonan bisa digoreng dalam minyak yang tidak terlalu panas hingga berwarna kecoklatan. Sajikan donat ubi dengan topping sesuai selera.

Membuat camilan dari ubi tidaklah sulit. Ubi juga tidak sulit didapatkan dan harganya relatif murah. Kamu bisa membuat camilan enak sekaligus berhemat. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Terpopuler

Terbaru

Artikel Terkait

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme