Menggunakan Sabun untuk Menghilangkan Kuman, Apakah Efektif?

  • Whatsapp

Dikala pandemi covid-19, maka kebiasaan untuk menjaga kebersihan mulai ditingkatkan. Banyaknya kuman, mikroba, atau virus sudah tersebar dimana-mana. Baik itu di udara, tanah, air, dan dibeberapa permukaan benda. Memang sebagian besar mikroba tidaklah berbahaya, tetapi bagaimana dengan virus covid-19? Tentu hal ini sangatlah menganggu kesehatan tubuh Anda.

Dalih-dalih banyak orang yang memberikan alasan menggunakan sabun sebagai alat cuci tangan bisa mencegah penyebaran dari kuman, mikroba, virus, yang mampu membuat Anda sakit. Tetapi, apakah Anda tahu mengenai sabun?

Apa Itu Sabun?
Sebelmunya, banyak orang yang memiliki daliha banwa penggunaan sabun cuci tangan mampu mencegah penyebaran kuman, mikroba, atau virus sekalipun. Sebelumnya, Apa itu sabun sendiri? Sabun adalah campuran dari bahan dasar lemak, air, alkali, dan garam dasar.

Anda harus tahu bahwa pembuat sabun pertama kali adalah orang babilonia kuno. Pengembangan sabun selanjutnya jatuh ke tangan orang mesir kuno. Jadi, selama ini resep dasar yang digunakan masih sama prosesnya dengan masa lalu. Dalam pembuatan sabun sendiri melalui proses kimia saponifikasi dengan mengembangkan dua teknik, yaitu proses dingin dan proses panas.

Proses dingin, bahwa dalam larutan alkali dicampur dengan minyak hewani maupun nabati. Ketika bahan bereaksi satu sama lain, maka campuran mengental dan memanas. Proses panas, bahwa pembuatan sabun ini cara membuatnya menggunakan panas dari luar.

Cara Kerja Sabun
Apakah sebenarnya sabun membunuh kuman di tangan Anda? Tentu saja, sabun memiliki cara kerja untuk menghilangkan kuman. Apakah Anda tahu ahwa kuman yang menempel di minyak tangan Anda, hanya menggunakan air untuk membersihkan banyak uman tidaklah efektif. Anda tahu bahwa minyak serta air tidak bisa menyatu dan tidak akan bercampur. Tetapi, dengan adanya sabun cuci tangan, maka akan mengikat molekul minyak dan air.

Molekul dari sabun, memiliki jenis surfaktan yang memuat molekul hidrofilik dan hidrofobik menyatu. Maka dari itu, ketika Anda mencuci tangan maka molekul sabun merupakan perantara untuk menyatukan molekul dari air dan minyak bahkan mampu untuk mengikatkanya secara bersamaan. Pada saat, Anda menggunakan sabun tangan untuk membersihkan kotoran maka ketika membilasnya menggunakan air, maka sabun akan membawa kuman bersamaan dengan air.

Sebenarnya, apakah mencuci tangan yang efektif haruskah menggunakan sabun dan dibersihkan secara teliti? Anda bisa menggunakan busa yang disebabkan oleh gesekan untuk membantu mengangkat berbagai macma kotoran dan minyak kulit. Sebearapa lamakah Anda harus menggosok? Tentunya, hal ini akan disesuaikan dengan seberapa banyak kotoran di tangan Anda. Walaupun begitu, banyak otoritas pihak kesehatan menyarankan untuk mencuci tangan selama 20 detik. Tidak lupa juga, bahwa untuk menghindari kuman, virus, maupun bakteri potonglah kuku.

Ketika Anda selesai mencuci tangan, maka pastikan terlebih dahulu untuk mengeringkannya dengan angin-angin maupun handuk. Tidak ada praktek khusus untuk mengeringkan tangan, tetapi Anda harus tahu bahwa keadaaan tangan yang basah akan membuat kecenderungan penyebaran kuman. Hal ini sudah dipastikan oleh CDC.

Maka dari itu, mulai sekarang Anda bisa membeli sabun cuci tangan yang efektif untuk menghilangkan kuman. Anda bisa mendapatkan harga sabun cuci tangan yang terjangkau dan beragam merk hanya di JD.ID. Anda bisa mengandalkan JD.ID untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, kantor, dan tempat umum lainnya dengan stock yang banyak.

Selanjutnya, Anda bisa melakukan pemesanan melalui web atau aplikasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *