Objek Wisata Air Terjun Grenjengan Kembar di Magelang

  • Whatsapp
Air Terjun Grenjengan Kembar, air terjun grenjengan kembar magelang jawa tengah, air terjun grenjengan kembar magelang, air terjun grenjengan kembar, air terjun grenjengan

Air Terjun Grenjengan Kembar Magelang, sebagaimana sifat alami air terjun yaitu memiliki debit air yang cukup besar saat musim penghujan. Biasanya, para pengelola atau penduduk setempat akan menyarankan untuk tidak berlama-lama di sekitar air terjun untuk menghindari terjadinya hal yang tak diinginkan.

Namun sebenarnya, saat musim penghujan inilah keindahan air terjun yang menumpahkan ratusan liter air dari ketinggian akan muncul sempurna. Hal ini dapat anda saksikan di salah satu sudut Magelang, yaitu di Grenjengan Kembar.

Lokasi
Letak Objek wisata Air Terjun Grenjengan Kembar berada di Kecamatan Pakis, tepatnya di Desa Wunengwarangan Magelang. Letaknya kurang lebih satu setengah kilometer dari perbatasan Magelang dan Salatiga. Tidak ada papan petunjuk yang jelas, namun saat anda menemukan tanda yang bertuliskan “makam panembahan ngabehi Noto di Ngabean” itulah pintu masuk dari air terjun ini.

Dari namanya sebenarnya telah sedikit memberi tahu wujud dari air terjun ini. Dalam bahasa Jawa, Grejengan sama dengan Grojokan atau air terjun dan kembar. Tidak ada loket dan tiket, hanya biaya untuk penitipan sepeda motor dan mobil. Selanjutnya perjalanan ditempuh dengan menggunakan perjalanan kaki.

Hal-hal yang perlu disiapkan
Sebelum menuju air terjun, kami sarankan untuk mempersiapkan baju ganti, sepatu anti selip (boot), mantel hujan. Jika anda ingin mengabadikan keindahan Air Terjun Grenjengan Kembar ini anda harus ekstra hati-hati karena cuaca terbaik pengambilan gambar adalah saat hujan.

Siapkan plastik-plastik untuk melindungi barang elektronik anda. Perjalanan siap dimulai. Setelah memarkirkan kendaraan, lalu anda harus melewati jalan setapak. Jangan heran jika jalanan licin, becek dan berbatu. Lalu anda akan melewati celah kecil buatan warga. Selanjutnya anda akan menemukan papan petunjuk buatan warga pula yang dengan jelas menuntun anda ke lokasi air terjun.

Namun rute tidak securam dan seekstrem jalanan perbukitan lain, jalan menuju air terjun sangat landai. Lanjutkan perjalanan hingga mencapai jembatan bambu dengan pemandangan sekitar yang asri. Dari sini, suara gemuruh air mulai terdengar.

Kondisi Air Terjun
Air Terjun Grenjengan Kembar, air terjun grenjengan kembar magelang jawa tengah, air terjun grenjengan kembar magelang, air terjun grenjengan kembar, air terjun grenjengan
Setelah melewati hutan pinus melalui beberapa anak tangga, sampailah anda di Air Terjun Grenjengan Kembar. Air terjun ini sangat alami. Kurangnya perhatian pemerintah setempat menjadikannya terbengkalai tanpa fasilitas seperti kolam pemandian, ruang ganti atau toilet. Namun keindahan Grenjengan Kembar benar-benar menggoda hati. Sayang, derasnya air saat itu yang menyibak keindahan mengandung bahaya yang tak terkira.

Air terjun setinggi 20 meter bersebelahan bak pasangan mencurahkan airnya yang deras ke kolam air dibawahnya. Karena musim penghujan, warna airnya di kolam berwarna kecoklatan. Pemandangan sekitar sangat asri. Salah satu air terjun menghujam batu besar sebelum turun ke kolam. Cantik sekali. Segeralah kembali ke parkiran sebelum malam datang. Sangat menarik untuk mengunjungi Air Terjun Grenjengan Kembar ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *