Pemandian Air Dingin Cibulan, Objek Wisata Tertua di Cirebon

  • Whatsapp
Obyek Wisata Cibulan, obyek wisata cibulan kabupaten kuningan jawa barat, objek wisata cibulan kuningan, objek wisata cibulan kabupaten kuningan jawa barat 45554, objek wisata cibulan cirebon, objek wisata cibulan kabupaten kuningan jawa barat 45554, objek wisata cibulan, tempat wisata cibulan, tempat wisata cibulan kuningan, obyek wisata alam cibulan, objek wisata alam cibulan, tempat wisata alam linggarjati, objek wisata cibulan kabupaten kuningan jawa barat, tempat wisata cibulan cirebon, tempat wisata linggarjati cirebon, tempat wisata cibulan di kuningan, objek wisata cibulan di kuningan, tempat wisata di cibulan, tempat wisata di linggarjati, objek wisata di linggarjati kuningan, tempat wisata cibulan ikan dewa, tempat wisata dekat linggarjati, objek wisata di linggarjati

Pemandian yang satu ini sangat terkenal di daerah Cirebon. Bukan hanya karena kesegaran airnya namun juga mitos dan cerita mistis yang ada di daerah itu. Nama pemandian tersebut adalah Pemandian Air Dingin Cibulan. Selain terkenal, saat diruntut sejarah kebelakanga ini adalah salah satu objek wisata tertua yang ada di Kabupaten Kuningan Cirebon.

Pemandian umum ini diresmikan olah bupati R.A.A.A Mohamad Achmad di tahun 1939 lalu direnovasi dan dibuka untuk umum di tahun 1960. Apa saja sih keunikan kolam yang sudah sering tersiar di tv-tv swasta Indonesia ini?

Akses menuju lokasi
Jika anda bertolak dari Cirebon jarak Pemandian Air Dingin Cibulan kurang lebih 28 km ke arah selatan. Sedangkan jika anda berada di Kab. Kuningan, jaraknya hanya sekitar 7 km saja. Petunjuk jalan jelas dan jalanan bagus.

Biaya Masuk
Untuk memasuki area pemandian ini anda cukup membayar Rp. 2.000 saja untuk orang dewasa dan untuk anak-anak separuhnya atau bahkan gratis. Inilah yang benar-benar disebut wisata rakyat. Selanjutnya anda akan memasuki sebuah area kolam renang dengan luas kurang lebih 5 hektar saja. Terdapat dua kolam utama, yang satu untuk dewasa dan lainnya untuk anak-anak. Kolam dewasa dalamnya 2 meter dengan ukuran kolam 35 x 15 m2 sedang kolam anak dalamnya dari 60–120 cm dengan ukuran 45 x 15 m2.

Terdapat ikan didalam kolam
Nah ini yang seru, dikedua kolam terdapat ratusan ikan yang menemani kita berenang. Namanya “ikan Kancra Bodas”. Warga sekitar menyebutnya “Ikan Dewa”. Ikan Dewa di Pemandian Air Dingin Cibulan ini jumlahnya ratusan dan jinak. Anda tak perlu takut dipatil atau digigit ikan ini. Meski jumlahnya ratusan, rasanya kolam tetap seru untuk dijadikan tempat berenang. Anak-anak kecil tak jarang beradu cepat menangkap ikan besar ini. Herannya, tidak ada satupun warga yang berani menggambil ikan-ikan ini.

Mitos yang dipercaya warga setempat
Konon dulu ada seorang yang nekat mengambil ikan ini dan ia mengalami serangkaian hal yang buruk. Kolam akan dikuras 1-2 minggu tergantung dari kejernihan air kolam. Namun ada yang unik, saat dikuras, ratusan Ikan Dewa yang biasa memenuhi kolam menghilang ntah kemana. Ada yang mengatakan mereka pindah dimensi ke Kolam Cigugur yang memang kolam pemandian yang sama yang juga ada di Cirebon.

Konon, ikan-ikan ini adalah para prajurit yang membelot dan membangkang pada Prabu Siliwangi yang lalu oleh beliau dikutuk menjadi ikan-ikan yang hidup ratusan tahun hingga sekarang. Jumlahnya tak pernah bertambah dan berkurang. Di Pemandian Air Dingin Cibulan juga ada 7 sumur keramat yang dipercaya memiliki 7 khasiat seperti Kemulyaan, Keselamatan, Kejayaan dan beberapa lainnya. Namun semua itu harus dikembalikan kepada kuasa Tuhan Yang Maha Esa, satu-satunya tempat memohon dan menyembah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *