- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
KesehatanPenyebab dan Cara Mengobati Jantung Koroner Menurut SehatQ.com

Penyebab dan Cara Mengobati Jantung Koroner Menurut SehatQ.com

Jantung adalah organ utama pada tubuh manusia. Apabila organ jantung bermasalah, maka berpengaruh besar pada kelangsungan hidup manusia. Banyak kejadian kematian mendadak disebabkan oleh serangan jantung yang seringkali gejalanya tidak disadari penderita.

Terdapat beberapa jenis penyakit pada jantung, salah satunya adalah Jantung koroner. Penyakit jantung koroner (PJK) akibat dari kerusakan yang terjadi pada pembuluh darah jantung atau arteri koroner.

Kerusakan tersebut salah satunya disebabkan oleh penumpukan ateroma di dinding arteri. Ateroma sendiri terdiri dari kolesterol dan zat sisa hasil metabolisme tubuh. Ateroma semakin menumpuk, menyebabkan dinding arteri menebal hingga menyempit dan terjadi penyumbatan.

Akibatnya, jantung kekurangan asupan darah dan oksigen, kondisi ini disebut aterosklerosis. Penyebab terjadinya Aterosklerosis dapat karena beberapa faktor gaya hidup. Berikut ini beberapa penyebab terjadinya Aterosklerosis.

1. Merokok
Merokok adalah kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan. Banyak penyakit disebabkan akibat merokok, salah satunya adalah penyakit jantung koroner. Risiko menderita penyakit jantung koroner meningkat 2-4 kali pada perokok dibandingkan dengan yang bukan perokok. Risiko kematian akibat penyakit jantung koroner dapat berkurang dengan cara berhenti merokok.

2. Kolesterol Yang Tinggi
Kolesterol adalah lemak yang dihasilkan oleh organ hati, yang berguna bagi proses pembentukan sel sehat. Akan tetapi, kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Kolesterol sendiri terbagi menjadi dua, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).

LDL inilah yang dapat menumpuk pada dinding arteri dan memicu penyempitan. Untuk orang dewasa yang sehat, kadar LDL yang normal dalam darah adalah kurang dari 100 mg/dL. Bagi penderita penyakit jantung atau diabetes, batas maksimal kadar LDL yaitu di bawah 70 mg/dL.

3. Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)
Hipertensi atau ekanan darah tinggi membuat jantung harus bekerja ektra keras. Salah satu penyebab hipertensi adalah konsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi. Tekanan darah normal berada diantara 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg.

4. Diabetes
Diabetes adalah terjadi karena meningkatnya kadar gula didalam darah. Glukosa yang berlebih yang mengalir dalam darah bisa dapat merusak pembuluh darah. Kerusakan yang disebabkan antara lain dinding pembuluh darah menebal sehingga menghambat aliran darah. Sehingga penderita diabetes lebih berisiko terserang penyakit jantung koroner.

Selain beberapa penyebab diatas, masih ada beberapa hal lain seperti usia, jenis kelamin, faktor keluarga, stres, obesitas, dan kurangnya olahraga yang jadi penyebab terjadinya Aterosklerosis. Setelah mengetahui beberapa penyebab terjadinya Aterosklerosis, kita harus lebih waspada dan berusaha sekuat tenaga menghindarinya.

Namun bagaimana apabila sudah menderita penyakit jantung koroner, apa saja cara mengobati penyakit ini? Berikut ini adalah beberapa beberapa obat-obatan yang digunakan untuk mengobati penyakit jantung koroner.

Cara Mengobati Jantung Koroner

Cara ampuh mengobati jantung koroner adalah dengan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Seperti makan-makanan yang berserat, pola makan yang teratur, tidak merokok maupun mengkonsumsi alkohol. Atau juga melalui obat-obatan dan beberapa prosedur kesehatan. Berikut ini beberapa obat-obatan yang digunakan untuk penyakit jantung koroner.

1. Obat penurun kolesterol
Obat ini berguna untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah, terutama LDL (lemak jahat). Dengan mengurangi bahan utama penimbun kolesterol dalam arteri akan memperlambat perkembangan penyakit jantung. Contoh obat ini adalah statin, niasin, dan fibrat.

2. Pengencer darah
Pengencer darah untuk mengurangi kecenderungan darah untuk menggumpal, yang dapat mengakibatkan penyempitan pada arteri. Apabila pasien sudah pernah terkena serangan jantung, dengan obat jenis ini untuk mencegah terjadinya serangan jantung berulang. Contoh obat ini adalah aspirin.

3. Penghambat reseptor beta (Beta blocker)
Obat ini memperlambat detak jantung serta menurunkan tekanan darah, sehingga mengurangi kebutuhan oksigen pada jantung.

4. Penghambat kanal kalsium
Obat ini dapat diberikan bersama beta blocker jika beta blocker tidak efektif atau pasien tidak bisa mengonsumsi beta blocker. Obat ini mampu membantu menurunkan gejala nyeri pada dada.

Itu tadi beberapa penyebab dan cara mengobati penyakit jantung koroner menurut SehatQ.com. Untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai berbagai macam penyakit yang lain, dapat dengan mengakses laman Direktori Penyakit dari website SehatQ.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Terpopuler

Terbaru

Artikel Terkait

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme