Oktober 1, 2023

Infoterpercaya.net

Informasi Terpercaya

Prediksi Cuaca Hari Ini: Hujan dan Petir di Tanjung Pinang, Kepri Diminta Siaga

2 min read
Prediksi cuaca hari ini meminta wilayah Kepulauan Riau dan Kalimantan Selatan tetap waspada dampak sirkulasi siklonik atau vorteks Borneo.

Tanjung Pinang di Kepulauan Riau dan Banjarmasin di Kalimantan Selatan termasuk kota besar di Indonesia yang hari ini, Minggu 5 Maret 2023, memiliki prediksi cuaca hujan disertai petir.

Satu kota lainnya diprediksi sama oleh BMKG adalah Jambi.

Khusus wilayah Provinsi Kepulauan Riau juga masih diminta siaga bencana dampak hujan hari ini.

Sebagai tambahan informasi, analisa dari radar cuaca berbasis satelit oleh peneliti klimatologi di Pusat Iklim dan Atmosfer BRIN, Erma Yulihastin, menyebutkan Kepulauan Riau termasuk wilayah terdampak langsung pusaran angin atau vorteks Borneo.

Begitu juga Kalimantan Selatan yang pada Sabtu lalu melaporkan banjir luas di Banjarmasin.

Info Gempa Terkini BMKG: Bojonegoro, Tuban dan Cianjur Bergetar Pagi Ini Adapun BMKG memantaunya sebagai sirkulasi siklonik yang ada di Selat Karimata.

Sirkulasi siklonik itu, bersama yang terpantau di Samudera Hindia sebelah barat Aceh, disebutkan membentuk daerah konvergensi yang bisa memacu pertumbuhan awan hujan.

Daerah konvergensi itu akan terbentuk dari Laut Cina Selatan hingga Kepulauan Riau, dari Riau hingga Jambi, serta dari Selat Karimata hingga Kalimantan Barat bagian utara dan dari Selat Malaka hingga perairan Barat Aceh.

Dalam bagian lain dari prediksi cuaca hari ini oleh BMKG, hujan lebat diperkirakan turun di Manado, Sulawesi Utara.

Hujan intensitas sedang kemungkinan terjadi di Bandung, Pontianak dan Makassar.

Lainnya seperti Serang, Jakarta Pusat, Semarang, Surabaya, Palangka Raya, Samarinda, dan Pangkal Pinang diprediksi hujan ringan.

Prediksi Cuaca Hari Ini, BMKG: Suhu Terpanas di Banda Aceh Suhu udara berkisar antara 18-34 derajat Celsius.

Suhu terendah di Bandung dan tertinggi di Denpasar.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 5-6 Maret 2023.

Untuk gelombang setinggi 2,5 – 4,0 meter di perairan selatan Kepulauan Anambas – Natuna, Laut Natuna, perairan timur Kepulauan Bintan, perairan utara Kepulauan Talaud, Samudera Pasifik utara Halmahera, Laut Arafuru bagian tengah dan timur.

Gelombang tinggi di kisaran 4,0 – 6,0 meter berpeluang terjadi di Laut Natuna utara dan perairan utara Kepulauan Anambas – Natuna.

Pilihan Editor: Kebakaran Hebat di Pertamina Plumpang dan Data Hujan Petir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.