April 21, 2024

Infoterpercaya.net

Informasi Terpercaya

Prediksi Cuaca Hari Ini: Hujan Lebat, Gelombang Tinggi, dan Rob

3 min read
Prediksi cuaca hari ini oleh BMKG antara lain menyebut potesi banjir rob di pesisir utara dan barat serta selatan Banten.

Dua bibit siklon tropis mempengaruhi prediksi cuaca di sebagian wilayah Indonesia pada hari ini, Minggu 19 Februari 2023.

Bibit siklon yang pertama adalah 92S di Samudera Hindia sebelah selatan Bali-NTB.

Sistem ini bergerak ke arah barat daya, membentuk daerah konvergensi memanjang dari Jawa Barat bagian selatan hingga Jawa Timur.

Dampak tidak langsungnya bagi cuaca di Indonesia adalah hujan sedang, dan mungkin juga hujan lebat, yang disertai petir dan angin kencang di Jawa Timur, Bali dan NTB.

Info Gempa Terkini BMKG: Bojonegoro, Tuban dan Cianjur Bergetar Pagi Ini “Gelombang laut setinggi 2,5 – 4,0 meter di Samudera Hindia selatan Jawa Tengah hingga NTB,” bunyi keterangan dari BMKG lewat saluran media sosial-nya.

BMKG juga menyatakan memantau bibit siklon yang kedua, 99W, yang berada di wilayah perairan timur Filipina.

Sistem ini bergerak ke arah barat – barat laut, membentuk daerah konvergensi memanjang di Laut Sulawesi dan di Sulawesi Utara, serta menginduksi peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot atau low level jet di Filipina bagian utara dan di Laut Sulu.

Dampak bibit siklon tropis 99W seperti gelombang laut setinggi 2,5- 4,0 meter di perairan Kepulauan Sangihe – Talaud, Laut Maluku bagian utara, perairan Laut Halmahera ,dan Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua.

Prediksi Cuaca Hari Ini, BMKG: Suhu Terpanas di Banda Aceh Selain dua bibit siklon itu, BMKG juga mengungkap adanya sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia sebelah barat Lampung yang membentuk daerah konvergensi memanjang di perairan barat Sumatera Barat.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang di Bengkulu, di utara Kalimantan, di Kalimantan Selatan, dari Selat Makassar hingga Maluku, di Maluku, dan di Papua.

Daerah pertemuan angin (konfluensi) juga terdapat di Laut Jawa, dan Laut Arafuru.

Seluruh konvergensi dan konfluensi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitarnya.

Pilihan Editor: Tewaskan Warga Afrika, Kenali Virus Marburg dan Wabahnya Hujan yang disertai petir diperkirakan terjadi di Bandung dan Pangkal Pinang.

Hujan intensitas sedang kemungkinan terjadi di Yogyakarta, Surabaya, Mataram dan Makassar.

BMKG tak menyebut ada kota besar yang akan dilanda hujan lebat hari ini.

Adapun hujan dengan intensitas ringan terjadi di Banda Aceh, Denpasar, Serang, Jakarta Pusat, Gorontalo, Semarang, Pontianak, Banjarmasin, Palangka Raya, Samarinda, Tarakan, Bandar Lampung, Ambon, Manokwari, Manado, Palembang dan Medan.

Suhu udara berkisar antara 20-33 derajat Celsius.

Suhu terendah di Bandung dan yang tertinggi di Denpasar, Gorontalo, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin dan Ambon.

Lokasi dan waktu potensi terjadinya banjir rob pada hari ini mencakup banyak wilayah.

Berikut daftarnya menurut BMKG: – Aceh (pesisir Sabang, Meulaboh)- Sumatera Utara (pesisir Belawan dan sekitarnya)- Sumatera Barat (pesisir Padang, Padang Pariaman, Pariaman dan Pesisir Selatan)- Kepulauan Riau (pesisir Karimun)- Kepulauan Riau (Dabo, Batu Ampar, Tanjung Uban)- Bangka Belitung- Pesisir utara dan barat serta selatan Banten- Pesisir utara DKI Jakarta- Pesisir selatan Jawa Barat- Pesisir utara (Tegal dan sekitarnya, Pemalang, Pekalongan, Kendal, Semarang, Demak, dan Jepara) dan selatan Jawa Tengah- Pesisir Jawa Timur – Pesisir selatan Bali- Pesisir NTB – Pesisir Kalimantan Barat (Pontianak dan sekitarnya) – Pesisir Kalimantan Barat (Kendawangan dan sekitarnya)- Pesisir Kalimantan Tengah – Pesisir Sulawesi Utara – Pesisir Maluku – Pesisir utara Papua (Supiori dan Biak Numfor) – Pesisir Papua Selatan (Waan, Tabonji, Kimaam, Tubang, Okaba, Malind, Semangga, Merauke dan Naukenjerai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.