Beberapa Syarat Nikah Dalam Islam

  • Whatsapp
prosesi akad nikah

Bagaimankah syarat sah nikah? Tentunya dalam Islam sudah mengatur juga membuat hukum-hukum tentunya yang berlaku supaya pernikahan ini dapat terjaga sebuah kesuciannya juga membawakan ketentraman untuk pasangan yang tentunya berniat dalam melangsungkannya.

Untuk itu dalam pernikahan juga tentunya harus sesuai bersamaan tujuan pernikahan pada islam, yang mampu dalam membesarkan keluarga, lalu agama, dan juga keturunan.

Berikut beberapa penjelasan dalam syarat pernikahan pada islam :

Syarat Memilih Pasangan atau Jodoh

1. Memilih pasangan
Dari yang sudah disampaikan oleh baginda Rasulullah SAW, ternyata memang seorang muslim sangat disyaratkan dalam memilih wanita juga laki laki baik, prinsipnya ialah karena agamanya. Bahkan dalam syarat agama benar-benar ditekankan dalam ajaran islam ini ketimbang syarat-syarat pada yang lain.

Mencari jodoh pada agam islam sangat mengedepankan sebuah masa depan dari keluarga yang tentunya berkah juga penuh rahmah, juga mampu dalam membesarkan islam pada kemudian hari. Artinya bagaimanapun dari seorang mukmin dalam memilih pasangan, disyaratkan untuk menikahi yang tentunya seiman, memiliki sebuah aqidah juga akhlak yang mulia.

Pemilihan dari jodoh dapat karena banyak sekali faktor, namun islam ini mensyaratkan keimanan merupakan sebuah pondasi pada awal dari sebuah keluarga. Untuk itu sangat penting kiranya kamu mengetahui kriteria dari calon suami dalam islam juga kriteria calon dari istri menurut agama islam, agar tercipta juga kebahagiaan pada keduanya.

2. Memastikan Garis Nasab atau Mahram nya
Pasangan yang tentunya beragama, memiliki keimanan bagus juga lurus, juga berakhlak mulia dan tentunya menjadi sebuah syarat supaya rumah tangga ini tercipta sakinah juga rahmah. Namun kamu harus mengetahui bahwa agama Islam juga mengatur pasangan yang nantinya akan ia nikahi bukanlah berasal pada mahramnya.

3. Melakukan Peminangan (Khitbah) Sebelum Menikah
Dalam islam sebuah Khitbah ini berarti sebuah proses pelamaran pada pihak laki-laki dan pada pihak dari perempuan. Perempuan juga bisa meminang juga melamar lelaki. Khitbah pada islam ini artinya hanyalah sejumlah proses dari pengantar dalam memastikan pihak yang nantinya dilamar bersedia atau tidak untuk dinikahi juga apakah dari pihak keluarga dapat menerima terutama dari wali, karena wali yang nantinya akan menikahkan.

Bukan berarti saat proses khitbah telah selesai, kedua belah dari pihak ini sepakat dalam melangsungkan sebuah pernikahan maka tentunya sama dengan yang sudah sah menjadi sepasang dari suami istri, atau telah halal pada pergaulan.

4. Melakukan Prosesi Akad Nikah
Akad nikah merupakan proses inti pada sebuah pernikahan. Akad Nikah ini tentunya secara umum berarti dapat melangsungkan sebuah kesepakatan, lalu janji, untuk tentunya menjadi seorang sepasang pada suami istri juga melangsungkan dari bahtera rumah tangga pada ikatan suci.

Untuk melangsungkan sebuah prosesi dari akad nikah, maka tentunya tidak boleh untuk kamu lakukan sembarangan. Hal ini juga bertujuan dalam melindungi manusia satu sama lain, supaya tentunya tidak ada dari pihak yang sangat dirugikan, lalu dipaksa, atau juga diingkari dana setelah terjadinya sebuah pernikahan.

Itu dia beberapa informasi mengenai syarat pernikahan untuk umat islam oleh karena itu kamu harus bisa mengikuti dan tetap berada pada syariatnya, supaya pernikahan kamu tenang, bahagia dan di ridhoi oleh Allah SWT, terimakasih untuk kamu sudah menyimak artikel ini semoga bisa bermanfaat ya untuk kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *