Tips Aman Pinjam Uang Online

  • Whatsapp

Perkembagan teknologi telah masuk hampir disegala bidang, tak terkecuali perbankan. Proses pinjam meminjam uang yang biasanya dilakukan di bank, kini dengan sentuhan teknologi meminjam uang bisa dilakukan dari Smartphone saja. Dengan aplikasi pinjaman online, kita bisa meminjam uang dengan mudah dan praktis.

Pinjaman online jadi alternatif menarik apabila sedang dalam kondisi membutuhkan uang cepat. Selain prosesnya yang mudah, syaratnya juga tidak banyak. Dan bahkan banyak yang menyediakan pinjaman tanpa jaminan apapun.

Saat ini banyak sekali aplikasi pinjaman online yang beredar dimasyarakat. Banyak diantaranya yang statusnya masih ilegal dan belum memiliki ijin resmi dari pihak yang berwenang. Alih-alih membantu meringankan beban, justru malah akan merugikan nasabah.

Supaya tetap aman, berikut ini beberapa tips aman melakukan pinjaman uang secara online.

Tips Aman Pinjam Uang Online

1. Terdaftar di OJK
Cek terlebih dahulu aplikasi pinjaman online yang akan Anda gunakan apakah sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum. Apabila sudah terdaftar di OJK, maka akan mengikuti aturan yang telah berlaku. Baik cara penagihan, besaran bunga serta keamanan data nasabah.

Sebaliknya apabila aplikasi pinjaman online tidak terdaftar OJK maka dipastikan aplikasi pinjaman online tersebut adalah ilegal. Sehingga mereka berani melanggar aturan-aturan dari OJK. Seperti besaran bunga yang mencekik, mengcam nasabah saat melakukan penagihan serta menyebarkan data nasabah.

2. Bunga Rendah
Saat Anda akan meminjam melalui aplikasi pinjaman online, cek terlebih dahulu berapa besaran bunga yang akan dibebankan kepada nasabah. Sebab OJK telah menetapkan financial technology (fintech) tidak boleh menetapkan bunga lebih dari 0.8% setiap harinya. Jika aplikasi pinjaman online menetapkan besaran bunga lebih dari itu, sebaiknya dihindari.

3. Transparan
Selain bunga, nasabah biasanya masih harus juga dibebankan biaya-biaya lainnya seperti biaya layanan. Setiap aplikasi pinjaman online tentu punya kebijakannya sendiri-sendiri. Pahami juga biaya administrasi dan biaya keterlambatan membayar tagihan.

Pastikan semua transparan dan tidak ada biaya tersembunyi yang tiba-tiba nanti dibebankan kepada nasabah. Untuk aplikasi pinjaman online yang transparan akan membuatkan halaman khusus untuk simulasi peminjaman.

4. Terdapat Layanan Konsumen
Perusahaan resmi yang diawasi oleh OJK wajib memiliki layanan konsumen. Sehingga saat sebelum mengajukan pinjaman online, cek dahulu apakah aplikasi tersebut memilki custumer service yang mudah dihubungi.

Misalnya terdapat alamat kantor, nomor telepon, alamat email, atau bahkan nomor WhatsApp. Tidak hanya dana pinjaman cair dalam waktu 24 jam, tetapi juga layanan konsumen 24 jam. Dengan tujuan apabila terdapat masalah, nasabah bisa mendapat respon yang cepat.

5. Pinjam Sesuai Kemampuan
Meminjam uang berarti harus mengembalikannya lagi. Oleh karena itu ukur kemampuan diri dibatas mana Anda bisa membayar angsuran tagihan. Apabila gagal melunasi pinjaman, perusahaan pinjaman online akan melaporkan ke Kredit Biro.

Alhasil Anda akan kesulitan mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan resmi lainya, karena memiliki catatan buruk menunggak hutang.

Itu tadi beberapa tips aman melakukan pinjaman online. Untuk itu bijaklah dalam memilih aplikasi pinjaman online. Salah satu aplikasi pinjaman online yang aman adalah Tunaiku.

Tunaiku, Pinjaman Online Terbaik Tanpa Agunan

Tunaiku adalah fintech pertama di Indonesia yang menyediakan pinjam online tanpa agunan. Telah berdiri sejak 2014, Tunaiku adalah produk digital dari PT Bank Amar Indonesia Tbk yang dimiliki oleh perusahaan multinasional bernama TOLARAM.

Pinjaman online di Aplikasi tunaiku tidak dibutuhkan agunan atau jaminan, hanya cukup dengan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Meski tanpa agunan, Tunaiku berani memberikan plafon mencapai Rp. 20 juta. Menariknya lagi, Tunaiku merupakan satu-satunya Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan tenor hingga 20 bulan.

Bunga pinjaman hanya 3% hingga 4% perbulan, sudah termasuk biaya admin. Kemudian tidak ada biaya tersembunyi, semuanya transparan. Tunaiku adalah produk unggulan dari PT. Bank Amar Indonesia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *