TeknoYang Harus Diperhatikan Saat Membuat Website Bisnis

Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Website Bisnis

Website sekarang menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam sebuah bisnis. Tidak sekedar supaya terlihat profesional, akan tetapi bisnis juga dapat dijalankan melalui website tersebut.

Karena perannya yang cukup vital dalam bisnis era modern, Anda tidak boleh sembarangan dalam membuat website. Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini ketika memetuskan membuat website untuk bisnis Anda.

1. Perhatikan Desain dan Template Website
Satu elemen paling penting bagi website untuk bisnis adalah desain website. Website bisnis harus bisa diakses di semua perangkat, terlebih lagi smartphone. Itu karena pencarian online lebih sering dilakukan menggunakan smartphone sekarang. Apalagi sekarang Google sedang gencar merancang index yang akan menjadikan website yang mobile-optimized berperingkat tinggi di hasil pencarian.

Untuk merancang website bisnis yang mobile-optimized, tentu Anda harus memperhatikan satu hal. Anda harus memastikan website Anda memiliki home page, contact page, about us page, portofolio jika Anda menawarkan jasa, dan halaman online shop jika Anda berjualan produk. Nah, selain itu, pastikan juga bagian-bagian tadi dapat diakses dengan mudah di smartphone.

2. Elemen Multimedia
Sekarang ini, pengguna internet lebih suka melihat gambar dan menonton video daripada membaca teks. Karena itu, pentinguntuk memanfaatkan banyak gambar dan video di website Anda. Ini bisa menaikkan peringkat website Anda di hasil pencarian.

Sebagai contoh, favicon (gambar kecil di tab di browser) yang bisa di-custom sesuai bisnis Anda ini bisa membantu dalam branding. Tak hanya itu, favicon bisa menjadi toolbar icon untuk pelanggan setia Anda. Favicon pun bisa menjadi bookmark saat pelanggan membuka banyak tab secara bersamaan.

3. Pastikan Website Mudah Ditemukan dan Performanya Terpantau
Ada banyak cara untuk membuat website Anda mudah ditemukan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan keyword. Tujuannya adalah supaya calon pembeli bisa dengan mudah menemukan website Anda. Mengapa begitu? Dengan keyword yang tepat, website Anda akan muncul di peringkat atas daftar pencarian.

Tentu, setelah menerapkan praktik penggunaan keyword, Anda juga harus memeriksa performa website Anda. Nah di sinilah Google Analytics bekerja! Fitur ini dapat membantu Anda memeriksa performa website Anda terkait beberapa aspek. Aspek-aspek tersebut meliputi hasil pencarian berdasarkan keyword, performa postingan Anda, dan promosi di media sosial.

4. Gunakan Perangkat yang Berhubungan Dengan Media Sosial
Media sosial tentu penting bagi pebisnis. Bagaimana tidak? Media sosial dapat mendatangkan banyak pelanggan baru untuk bisnis Anda. Namun mengurus media sosial untuk bisnis bukan perkara mudah. Itulah mengapa banyak bisnis yang mempekerjakan admin media sosial.

Meski begitu, sebenarnya ada solusi yang lebih mudah untuk itu. Anda hanya perlu menggunakan perangkat dari pihak ketiga. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan Buffer untuk memposting konten Anda secara otomatis sesuai waktu yang dijadwalkan. Menggunakan perangkat semacam ini menjadikan aktivitas mengelola media sosial menjadi lebih efektif dan efisien.

5. Pentingnya Perangkat E-commerce
Bagi pebisnis, perangkat e-commerce sudah barang tentu menjadi kewajiban untuk dimiliki. Perangkat-perangkat tersebut bisa meliputi toko online, sistem tracking inventaris, dan kereta belanja. Tentu, Anda juga wajib punya alat tukar online seperti PayPal dan Square. Jika memungkinkan, berikan juga kupon belanja kepada pembeli.

Poin-poin yang disebutkan di atas mungkin terdengar mudah. Namun sebetulnya membangun website bisnis yang bagus bukanlah perkara mudah. Terlebih lagi jika Anda ingin website yang Anda bangun terlihat professional. Maka itulah Anda butuh jasa pembuatan website.

Kalau mencari jasa pembuatan website yang profesional dan terpercaya, tidak perlu jauh-jauh. Saat ini Anda bisa coba menggunakan jasa dari Buzznesia. Buzznesia terdiri dari tim yang sudah berpengalaman dan handal dalam membantu klien membangun website bisnisnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terpopuler

Terbaru

Artikel Terkait